Jumat, 06 September 2019

SUMBER BELAJAR



Seiring berkembangnya teknologi, TIK semakin banyak digunakan di dunia pembelajaran, hal itu bisa terjadi karena banyak manfaat yang dirasakan dalam pembelajaran tanpa menampikan keterbatasan TIK itu sendiri dalam pelaksanaan pembelajaran. Dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang konvensional/tradisional, pembelajaran dengan TIK memang memiliki beberapa kelebihan diantaranya dapat mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis (dalam kasus tertentu), mempermudah interaksi antara peserta didik dengan sumber belajar, interaksi peserta didik dengan guru maupun sesama peserta didik, tidak hanya terbatas di sekolah.


Portal rumah belajar hadir untuk mendukung dan menyediakan fitur, media dan konten pembelajaran bagi guru, siswa dan masyarakat. Sebagai alternatif referensi bahan-bahan belajar, portal rumah belajar telah menyediakan buku-buku pelajaran yang bisa di download di fitur BSE (Buku Sekolah Elektronik) dan katalog media (audio, animasi, visual, audiovisual dsb) serta topik-topik pembelajaran beserta latihan untuk jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP dan SMA yang bisa dibaca langsung ataupun di download melalui sumber belajar. Dengan tersedianya bahan-bahan belajar di sumber belajar tersebut, siswa dapat belajar lebih lama (tidak hanya di sekolah) tetapi bisa setiap saat mengakses bahan belajar pada portal rumah belajar kapan saja, dimana saja dan bisa berulang-ulang.
Bagi guru bahn-bahan belajar yang tersedia di dalam sumber belajar, bisa menjadi referensi tambahan agar dapat lebih memantapkan pengayaan dan penguasaan terhadap materi pembelajaran. Guru akan lebih mudah menerapkan integrasi TIK dalam pembelajaran. Karena konten-konten yang tersedia di sumber belajar sudah dikemas untuk mengakomodir banyak media /hypermedia agar pembelajarannya bisa lebih interaktif. Diharapkan semua pengakses materi dalam sumber belajar bisa mempelajari konten-konten yang tersedia secara mandiri. Untuk itu perlu disusun suatu petunjuk teknis pemanfaatan Sumber Belajar, agar bisa memudahkan siapapun yang ingin mengakses sumber belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar