RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP/MTs
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Gerak dan Gaya
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya
diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi Dasar
Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.2 Menganalisis gerak lurus,
pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada
gerak benda dan gerak makhluk hidup
|
·
Menganalisis gerak pada benda
·
Menganalisis hukum newton tentang gerak
·
Menganalisis penerapan hukum newton pada
gerak makhluk hidup dan benda
|
4.2 Menyajikan hasil
penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
|
·
Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya
terhadap gerak benda
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
• Menganalisis gerak pada
benda
• Menganalisis hukum newton
tentang gerak
• Menganalisis penerapan hukum
newton pada gerak makhluk hidup dan benda
• Menyajikan hasil
penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran Reguler
Gerak dan Gaya
o Gerak pada benda
o Hukum Newton tentang gerak
o Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan
benda
1.
Fakta
Benda-benda
di alam semesta ini ada yang diam ada pula yang bergerak. Perhatikan batu-batu
di pinggir jalan, mereka diam terhada jalan kecuali mendapat dorongan dari luar
misalkan ditendang oleh kaki seorang anak. Perhatikan rumah-rumah di sekeliling
kita, mereka diam terhadap pohon-pohon di sekelilingnya.
2.
Konsep
Berikut
ini adalah jenis-jenis gaya:
a.
Gaya
magnet:
Kekuatan yang menarik jarum, paku, atau benda logam
lainnya yang ada disekitarnya. Magnet memiliki 2 kutub yaitu kutub utara dan
selatan. Bentuk magnet beragam ada yang berbentuk jarum, ada yang berbentuk
huruf “U”, berbentuk silinder, berbentuk lingkaran dan ada yang berbentuk
batang. Perhatikan gambar bentuk-bentuk magnet berikut!
b. Gaya
listrik statis:
Kekuatan yang dimiliki benda yang bermuatan listrik
untuk menarik benda-benda disekitarnya. Untuk melihat adanya gaya listrik
statis, bisa dicoba dengan mengosok-gosok penggaris pada rambut kering kita,
kemudian dekatkan pada sobekkan kertas, maka sobekkan kertas tersebut akan
menempel pada penggaris. Penggaris bisa menarik potongan kertas dengan gaya
listrik statis.
c. Gaya
otot :
Kekuatan yang dihasilkan oleh otot manusia. Gaya ini
sering dilakukan pada saat kita mengangkat beban atau sedang senam di sekolah.
Apabila kita sering melakukan olahraga maka otomu akan bertambah besar dan
kuat.
d. Gaya
gravitasi bumi :
Kekuatan bumi untuk menarik benda lain ke bawah. Bila
kita melempar benda ke atas, baik dari kertas, pensil atau benda lain maka
semua benda itu akan jatuh ke bawah. Berbeda bila di luar angkasa para astronot
tidak merasakan gaya gravitasi, akibatnya mereka akan melayang-layang bila
berada di luar angkasa.
e. Gaya
Pegas :
Kekuatan yang ditimbulkan oleh karet atau pegas yang
diregangkan. Misalnya saat kamu bermain panahan, karet mampu mendorong anak
panah terlontar dengan cepat dan jauh.
f. Gaya
Gesekan:
Bila kedua benda saling bergesekkan, maka antara
keduanya akan muncul gaya gesek. Gaya gesek bisa menguntungkan dan merugikan.
Bila kita berjalan di jalan yang kering, antara sepatu dan jalan akan muncul
gaya gesek. Gaya gesek ini membantu kita untuk bisa berjalan. Bayangkan bila
jalanan licin, maka gaya geseknya akan kecil dan kita akan kesulitan untuk
berjalan.
3.
Prinsip
Seorang yang mendorong meja, meja yang tadinya diam
sekarang bisa bergerak. Meja bisa bergerak karena orang memberikan sesuatu
kekuatan melalui dorongan, kekuatan itulah yang kita namakan sebagai
gaya. Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda
bergerak. Jadi bila kita menarik atau mendorong benda hingga benda itu
bergerak maka kita telah memberikan gaya terhadap benda tersebut.
Besar kecilnya gaya dapat diukur menggunakan alat yang
bernama neraca pegas atau dinamometer. Sedangkan satuan gaya dinyatakan
dalam satuanNewton yang biasa ditulis dengan huruf N. Kata Newton diambil
dari nama Sir Isaac Newton, seorang ahli matematika dan ilmuwan besar. Besarnya
gaya yang diperlukan untuk menarik benda akan ditunjukkan oleh jarum pada skala
dinamometer.
4.
Prosedural
o Menghitung gerak lurus, melingkar, dan parabola.
o Menghitung gaya gesek pada bidang datar atau bidang
miring.
.
2.
Materi Pembelajaran Remedial
Ø Bagi siswa yang sudah mencapai indikator
pembelajaran, dapat melanjutkan kebagian Pengayaan. Pada kegiatan remidial guru
ditantang untuk memberikan pemahaman kepada siswa yang belum mencapai
kompetensi dasar. Berikut ini alternatif cara untuk memberikan remidi:
1.
Meminta siswa untuk mempelajari kembali
bagian yang belum tuntas.
2.
Meminta siswa untuk membuat rangkuman
materi yang belum tuntas.
3.
Meminta siswa untuk bertanya kepada
teman yang sudah tuntas tentang materi yang belum tuntas.
4.
Memberikan lembar kerja untuk dikerjakan
oleh siswa yang belum tuntas.
3.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Ø Pengayaan biasanya diberikan
segera setelah siswa diketahui telah mencapai KBM/KKM berdasarkan hasil PH.
Mereka yang telah mencapai KBM/ KKM berdasarkan hasil PTS dan PAS umumnya tidak
diberi pengayaan. Pembelajaran pengayaan biasanya hanya diberikan sekali, tidak
berulangkali sebagaimana pembelajaran remedial. Pembelajaran pengayaan umumnya
tidak diakhiri dengan penilaian.
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan :
Scientific
2. Metode :
Diskusi dan Eksperimen
3. Model :
Discovery Learning
F.
Media Pembelajaran
v Media :
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Laboratorium IPA sekolah
Ø Perpustakaan sekolah
v Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan
tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Slide presentasi (ppt)
G.
Sumber Belajar
Ø Buku IPA Kelas VIII Kemdikbud
Ø Buku lain yang menunjang
Ø Multimedia interaktif dan
Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (2 x 40 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik
dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Pengantar tentang Gerak dan Gaya
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 50 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Pengantar tentang Gerak
dan Gaya berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
(15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengantar tentang Gerak dan Gaya yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengantar
tentang Gerak dan Gaya yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengantar tentang Gerak dan Gaya.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pengantar tentang Gerak dan Gaya.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Pengantar
tentang Gerak dan Gaya kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan Kedua (3 x 40 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik
dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Gerak pada benda
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Gerak pada benda berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
(15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Gerak pada benda yang baru
dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Gerak
pada benda yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Gerak pada benda .
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Gerak pada benda .
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Gerak
pada benda kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
3 . Pertemuan Ketiga (2 x 40 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik
dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Hukum Newton tentang gerak
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 50 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Hukum Newton tentang gerak
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
(15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Hukum Newton tentang gerak yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Hukum
Newton tentang gerak yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Hukum Newton tentang gerak.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Hukum Newton tentang gerak.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Hukum
Newton tentang gerak kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
|
4 . Pertemuan Keempat (3 x 40 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik
dan psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan
benda
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Penerapan Hukum Newton
pada gerak makhluk hidup dan benda berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
(15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda yang
baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Penerapan
Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk
hidup dan benda.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk
hidup dan benda.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Penerapan
Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
1.
Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian
Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
…
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria
= 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4
= 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin
dinilai
-
Penilaian
Diri
Seiring dengan bergesernya
pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan
kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap
bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari
penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian
menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format
penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih
dahulu. Berikut
Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x
100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 :
400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi
pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian
Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan
meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan
penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat
kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh
format penilaian teman sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang
positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x
100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 :
500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian
Jurnal (Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis
Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi Terhadap
Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian
Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian
unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara
sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian
Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian
Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian
Portofolio
Kumpulan semua tugas yang
sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen
Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1)
Sebuah mobil bergerak sejauh 5 km kearah utara. Kemudian
berbalik arah ke selatan sejauh 3 km. Bagaimanakah Kamu membedakan tentang
jarak dan perpindahan mobil tersebut.
2)
Eko berlari mengelilingi lapangan berbentuk lingkaran.
Jika Eko berlari sebanyak 2,5 kali putaran, dan jari-jari lapangan 7 m. Bedakanlah
jarak dan perpindahan yang ditempuh Eko?
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD /
Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
dst
|
b.
Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
§
Membaca buku-buku tentang materi yang relevan.
§
Mencari informasi secara online tentang gaya dan gerak
……………, ……………………
Mengetahui
Kepala Sekolah …………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar